Posted by: MSirod | 23 May 2005

alumni-ipb dan majunya pertanian

Bang Kaoru,

saya pun merasa sedih kalau ada yang menyangkutpautkan carut-marutnya dunia pertanian kita ini dengan IPB.. karena, jujur saja sewaktu saya terlunta-lunta mencari pekerjaan (karena saya gak punya modal meneruskan usaha SOHO saya di lingkar kampus)..

saya terbentur dengan kenyataan bahwa bidang pekerjaan di pertanian sangat sedikit. memang ada beberapa alumni yang care dan idealis dengan bidang pertanian, misalnya bang Mukhamad Najikh yang ketika kami berkunjung ke sana kurang lebih 20-an alumni IPB yang bekerja di sana baik dari fateta, fpik maupun kedokteran hewan..

lebih tragis lagi kenyataan di lapangan ternyata lowongan kerja yang ada adalah “kebanyakan” di bidang perbankan yang beberapa teman saya “gengsi” untuk masuk ke situ.. tapi banyak juga yang realistis dan sekarang bergabung dengan mandiri, bsm atau permata..

rakyat kebanyakan memang tidak tahu kenyataan ttg angka pengangguran, keberpihakan kepada pertanian dlsb.. sebagai alumni junior, saya sih rasanya terlalu “idealis” jika mengkonfrontir antara IPB dan lulusan IPB atau Pertanian Indonesia Maju karena IPB maju dan sebaliknya..

— In alumni-ipb@yahoogroups.com, Kaoru Narko wrote:
> Maaf Pak, bukannya sok idealis atau sok tahu,
> Menurut saya dunia pertanian Indonesia adalah
> ‘cerminan’ bagi IPB, setidaknya begitu pandangan
> rakyat Indonesia secara umum. Kalau dunia pertanian
> (makro) Indonesia maju, pasti nama IPB secara otomatis
> akan ‘terangkat’ dan begitu juga sebaliknya.
> >
> > — In alumni-ipb@yahoogroups.com, “mirzassadjad”
> >
> > wrote:
> > > Rekans yth,
> > >
> > > Saya justru bersyukur dan bangga kalau alumni IPB
> > mampu bersaing
> > > dengan alumni perguruan tinggi lain di bidang
> > pekerjaan apa saja,
> > > diluar pertanian.
> >


Leave a Reply

Categories

