Posted by: MSirod | 24 September 2005

Tanggapan Top One tentang oli sintetik

Yth. Bp. Wisnu Surendra

Pertama tama atas nama Top One mengucapkan terima

kasih atas perhatian Bapak terhadap merek Top One.

Semua berita dan pembicaraan mengenai Top One di

mailing list, kami tanggapi dengan positif karena

mencerminkan perhatian yang begitu besar terhadap

merek Top One.

Industri Oli/ Pelumas di Indonesia merupakan industri

yang baru berkembang setelah dikeluarkannya regulasi

pemerintah pada tahun 2001. Sebelumnya selama

berpuluh-puluh tahun, industri ini menikmati masa

proteksi pemerintah. Pasca regulasi 2001, terjadi

perubahan yang signifikan atas para penguasa pasar

maupun tingkat kompetisi yang semakin meningkat.

Sampai pertengahan tahun ini, tercatat lebih dari

230-an merek pelumas melayani konsumen di Indonesia.

Oli Top One telah hadir di Indonesia sejak tahun 1978

dalam skala yang terbatas. Sejak tahun 2001/2002, Top

One memutuskan untuk mengembangkan bisnisnya secara

lebih serius. Keputusan ini didasari pada kekuatan

perusahaan yang bertumpu pada pelumas, dan berbeda

secara fundamental dengan produsen lain yang memiliki

bisnis inti perminyakan, pertambangan maupun

eksplorasi migas.

Pelumas Top One di hasilkan telah memenuhi peraturan/

standar yang dikeluarkan pemerintah yaitu Surat

Keputusan Dirjen Minyak dan gas Bumi No. 85

K/34/DDJM/1998, mengenai”Mutu dan Pengujian Oli yang

Beredar di Dalam Negeri”. Setelah memenuhi syarat

tersebut, pelumas selanjutnya mendapatkan NPT (Nomor

Pelumas Terdaftar) sebelum dapat diedarkan. Beberapa

NPT Produk Top One diantaranya :

a.Surat Keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas

Bumi No. 0390.K/NPT/35.05/DJM/2000 untuk Top One

Synthetic Motor Oil For Motor Cycle MC, SAE 20W50, API

SH

b.Surat Keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas

Bumi No. 2760.K/NPT/35.05/DJM/2003 untuk Top One

Synthetic Diesel Oil HD, SAE 15W40, API CI-4

c.Surat Keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas

Bumi No. 2131.K/NPT/35.05/DJM/2002 untuk Top One

Synthetic Motor Oil, SAE 20W50, API SL

d.Surat Keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas

Bumi No. 1581.K/NPT/35.05/DJM/2002 untuk Top One

Evolution Fully Synthetic Motor Oil, SAE 5W50, API

SL/SJ

Mengenai definisi kata sintetik, maka perlu kami

jelaskan sejarah dan perkembangan teknologi pelumas.

Pada waktu lampau, istilah sintetik identik dengan

pelumas dengan bahan dasar PAO (Polualphaolefin)yang

berharga mahal, dan saat ini dikenal dengan nama Grup

5. Disisi lain, terdapat pelumas mineral yang berasal

langsung dari peyulingan minyak bumi, dan dikenal

dengan nama Grup 1.

Seiring dengan perkembangan teknologi, maka bahan

dasar minyak bumi dapat mengalami rekayasa diperbaiki

sifat kimiawinya. Bahan dasar hasil rekayasa ini

dikenal dengan nama grup 2 dan grup 3.

Pelumas dengan campuran bahan dasar grup 2 dan grup 3,

juga dikategorikan sebagai “sintetik” atau “synthetic

blend”, bukannya full synthetic. Penggolongan ini

sesuai dengan aturan pemerintah maupun aturan

internasional.

Saat ini banya sekali pelumas campuran grup 2 dan grup

3 yang dipasarkan dengan identitas “sintetik” atau

“synthetic blend”, termasuk dari perusahaan raksasa

multinasional. Cirinya mudah dikenali, yaitu harga

yang relatif murah/ terjangkau.

Top One adalah pelumas sintetik dengan bahan dasar

campuran grup 2 dan grup 3 (bukan PAO), yang

diproduksi dengan bahan dasar Syngen 2000 (patent)

yang diperoleh dari Chevron Texas, USA. Pengolahan

pelumas dilakukan di Pico Rivera, California USA.

Demikian penjelasan saya, sebelumnya diucapkan terima

kasih atas perhatiannya.

RYAN ALFONS KALOH

Deputy Head of Marketing

PT Topindo Atlas Asia

Distributor Top One di Indonesia

Office : 021-4251908 (tel) 021-4251907(fax)


Responses

  1. Kalo oli top 1 diisukan jelek, produsennya bilang itu oli palsu… whuakkakakakak…padahal selama pake top 1 motor

    temen gw di jkt malah berkerak jeroan mesinnya… itu juga katanya oli palsu hahahahaha…. kapan aslinya wong

    belunya aja honda motor koq palsu hahahaha…emang dasar itu oli jelek gak usah dikatakan palsu dongggg

    • muka lo tuh yg berkerak, masih bagusan warna oli bekas. ane selalu pake oli top1, emang bagus kualitasnya.

  2. Kalo oli top 1 diisukan jelek, produsennya bilang itu oli palsu… whuakkakakakak…padahal selama pake top 1 motor

    temen gw di jkt malah berkerak jeroan mesinnya… itu juga katanya oli palsu hahahahaha…. kapan aslinya wong

    beli olinya aja di agen resmi honda koq palsu hahahaha…emang dasar itu oli jelek gak usah dikatakan palsu dongggg

  3. tolong minta alamat,nomer telp/email distributor oli top one di jawa tengah,..saya mau bisnis oli,,,terima kasih

  4. tolong minta alamat,nomer telp/email distributor oli top one di jawa tengah,..saya mau bisnis oli,,,terima kasih…
    nomerku : 08122715027

  5. tolong infokan kepada saya alamat. email ataupun website oli top one di SUMUT.

  6. infokan kepada saya alamat email top one.

  7. Untuk Saudara Helmi, Anda dapat mengunjungi web site kami di http://www.top1.co.id

  8. i’m steve,i study at ca,but i cant find ur top1 factory,come on,don’t tell i lie..

  9. @ steve, sekedar sharing….kayanya saya pernah liat liputan mengenai pabrik top 1 ini di youtube… sebentar link nya saya paste di bawah… semoga membantu

  10. copy paste klik “http://www.youtube.com/watch?v=JyEnKxOkliI&feature=related”

    copy paste klik “http://www.youtube.com/watch?v=LW6IN2z3koo”

  11. @ steve, sorry if I use Indonesian language above, but I guess you understand Indonesian since you can read the whole article.. please refer the link above, perhaps it can be usefull. cheers.

  12. mungkin yang jelek itu oli TOP 1 yang dipalsukan oleh oknum, sedangkan yang asli jauh lebih bagus… ini ada artikel dari website Polda Kaltim, ternyata oli TOP 1 palsu itu dicampur dengan pertamina meditran… cek artikel nya di bawah ni….

    Dibekuk, Pemilik Bengkel Jual Oli Top One Oplosan
    Ditulis Oleh Administrator
    Rabu, 05 September 2007
    Surabaya-Anggota Unit Idik IV/Tipiter Sat Reskrim Polwiltabes Surabaya menangkap Amin Widjaja alias Amin (38), warga Jalan Suterjo Selatan I, Surabaya, yang diduga melakukan penjualan oli merek Top One yang tak sesuai standart, komposisi, isi maupun kualitasnya.

    Pelaku ditangkap Senin (3/9/2007), di Bengkel MDC, Jalan Mulyosari 169-B, Surabaya. Dari hasil penangkapan itu, polisi mengamankan barang bukti berupa 1 jerigen bekas oli Top One tutup warna kuning tanpa segel, bekas oli yang dipakai untuk mengisi oli mesin mobil Panther, 1 jerigen besar warna biru yang berisikan oli bekas 1 liter. 1 alat tabung pompa oli persneleng dan satu buah corong, buku nota penjualan dan barang bukti lainnya.

    Kasat Reskrim Polwiltabes Surabaya, AKBP Dedi Prasetyo kepada wartawan, Selasa (4/9/2007) mengatakan, penangkapan ini menindaklanjuti laporan masyarakat tentang penjualan oli yang tidak sesuai standar dan isi yang dilakukan tersangka.

    “Modusnya, tersangka memperdagangkan oli Top One palsu, dengan cara mencampur oli Top One dengan sisa-sisa oli bekas Top One yang dicampur dengan oli merek Meditran SC dengan komposisi 4 : 1. Kemudian dimasukkan ke dalam jerigen oli Top One 5 literan. Jerigen tidak ditutup dan disegel yang kemudian dijual ke konsumen seharga Rp 125.000,” ujar AKBP Dedi Prasetyo.

    Kata Dedi, tersangka kepada konsumen mengatakan oli oplosan yang dijualnya itu kualitasnya lebih baik dibandingkan dengan oli Meditrans SC yang harganya Rp 90 ribu.

    “Tersangka juga tidak menunjukkan kepada konsumen dan oli oplosan itu langsung dituangkan ke dalam mesin Panther milik konsumennya,” ujarnya.

    Karena ulahnya itu, Amin Widjaja yang juga pemilik Bengkel MDC dijerat pasal 90,91,92,94 UU RI No 15 tahun 2001 tentang Merek dan pasal 8 UU RI No 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

    “Tersangka juga kita jerat pasal 32 UU RI No 3 tahun 1982 tentang WDP dan atau pasal 382 KUHP,” jelasnya.

    Pemutakhiran Terakhir ( Kamis, 27 September 2007 )

  13. http://kaltim.polri.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=612

    link nya

  14. Pak,bisa minta alamat delaer resmi Oli Top1 untuk wilayah Kediri?

  15. koq dibilang palsu?
    Wong beli oli top 1 yg merusak itu dibengkel honda yang resmi…
    G’mungkin bengkel resmi bisa ketipu dgn oli palsu…!

  16. kumpulan toko2 di manado yg kecewa dgn pelayanan TOP1 manado dikarenakan sebagian toko yg berbasis oli gulf dan syntium malah diberi macam@ atribut, kalender, hadiah yg banyak sedangkan kami di abaikan.

  17. kumpulan toko2 di manado, kami ini sudah 5-20 tahun berjuang meningkatkan penjualan TOP 1 tapi kenyataannya kami di abaikan, akankah TOP 1 manado maju tanpa kami? kami akan menurunkan penjualan TOP1 di manado perlahan2 sampai tidak akan menjual oli TOP1 lagi

  18. Bs krm dftr hrg brg’a pak?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: