Posted by: MSirod | 4 September 2006

Jual Ponsel, Rahasia Terkuak Aib Terbongkar

Kamis , 31/08/2006 09:27 WIB
Jual Ponsel, Rahasia Terkuak Aib Terbongkar
Annisa M Zakir – detikInet
<!–http://ad.detik.com/images/inet/inet-australia150x400_bodytext.swf–>
Ilustrasi (geekz1/ist).

Jakarta, Bila ponsel menjadi saksi bisu perselingkuhan dan rahasia Anda lainnya, berpikirlah dua kali untuk menjual ponsel itu. Pasalnya, seluruh rahasia Anda dengan mudah terbongkar. Kok bisa?

Menjual ponsel untuk ditukar dengan model yang lebih up-to-date memang sudah biasa. Tapi tahukah Anda, menjual ponsel yang pernah menyimpan rahasia pribadi Anda ternyata sama seperti membiarkan rahasia Anda tereksploitasi? Pasalnya, teknologi kini telah mampu membaca ulang seluruh isi data yang pernah singgah di ponsel.

Tentu, Anda sudah menghapus dan me-reset ponsel lama Anda dalam keadaan seperti baru sebelum dijual. Perusahaan Trust Digital yang berbasis di McLean, Virginia, Amerika Serikat (AS) berhasil memunculkan ulang seluruh isi SMS dan e-mail yang ada pada 10 model ponsel yang sudah terintegrasi dengan sistem e-mail korporat.

10 ponsel canggih yang termasuk Palm Treo yang dibuat percobaan tersebut dibeli Trust Digital melalui situs lelang eBay. Menurut para ahli software Trust Digital, dari 10 ponsel yang di’kilik’ isinya, pihaknya menemukan beberapa fakta yang sangat rahasia.

Pesan berisi suatu perusahaan yang berencana untuk melakukan kontrak sebesar ratusan juta dolar, nomor rekening bank lengkap beserta password, hingga sesuatu yang bersifat pribadi dan sensitif seperti percintaan gelap juga berhasil ditemukan.

Mengenai software apa yang digunakan dalam membongkar isi ponsel tersebut, Norm Laudermilch, Technology Officer Trust Digital enggan membeberkan lebih jauh.

Toolnya ada di luar sana untuk para hacker dan pencuri melakukan aksi melalui informasi yang didapat dari data yang telah dihapus dari ponsel bekas,” jelas Laudermilch seperti dikutip detikINET dari Associated Press, Kamis (31/08/2006). “Pastinya, orang itu tidak harus menjadi Ph.D. untuk melakukannya,” paparnya.

Menanggapi hal ini, mantan konsultan keamanan Cyber Presiden Bush, Howard Schmidt yang memiliki 4 ponsel berikut perangkat e-mail, memiliki kiat sendiri untuk menghindari hal itu terjadi pada dirinya.

“Saya akan mengetikkan password yang salah sebelas kali berturut-turut,” papar Schmidt. Menurut Schmidt, hal yang dilakukannya itu dapat mengakibatkan data yang ada didalam ponsel hancur (self-destruct,red.).

“Ponsel adalah sebuah identitas dan rahasia, tentunya orang akan mencari cara untuk mengkesploitasi isinya,” tandasnya. (amz) (amz)

Narrated Um Kulthum bint Uqba:
“He who makes peace between the people by inventing good information or saying good things, is not a liar.” (Shahih Bukhari)

Sirod’s Friendster:
http://www.friendster.com/s1rod
Sirod’s Blog: http://sirod.blogspot.com/


Yahoo! Messenger with Voice. Make PC-to-Phone Calls to the US (and 30+ countries) for 2¢/min or less.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: