Posted by: MSirod | 22 May 2007

Sepuluh peringkat kampus di negeri ini menurut kalangan dunia kerja

Entah siapa yg duluan menyebarkan kabar ini, sebelumnya majalah ini pernah bikin survei berdasarkan popularitas di kalangna masyarakat saja bukan berdasarkan kebutuhan industri tenaga kerja. Jadi, konsep surveinya sedikit berkualitas lah.. karena yg disurvei adalah yg mengerti apa-apa saja yg menjadi strength / weakness dari seorang fresh graduate, lalu men-generalisasi ke sekolahnya tsb..

Hasil survei Pusat Data dan Analisa Tempo (Des 2006 – Jan 2007)
Sepuluh peringkat kampus dinegeri ini menurut kalangan dunia kerja:

1. UI
2. ITB
3. UGM
4. IPB
5. ITS
6. UNAIR
7. TRISAKTI-Jkt
8. UNPAD
9. ADMAJAYA-Jky
10. UNDIP

Alasan 10 PT ini dipilih dunia kerja karena
 lulusannya memiliki
 karakter. Karakter yg dinilai PENTING oleh Dunia
 Kerja adalah:

1. Mau bekerja keras
2. Kepercayaan diri tinggi
3. Mempunyai Visi kedepan
4. Bisa bekerja dalam Tim
5. Memiliki kepercayaan matang
6. Mampu berpikir analitis
7. Mudah beradaptasi
8. Mampu bekerja dalam tekanan
9. Cakap berbahasa Inggris
10. Mampu mengorganisasi pekerjaan

Tips agar lulus dengan berkwalitas (membangun
karakter itu) :

1. Aktif berorganisasi
2. Mengasah bahasa Inggris
3. Tekun belajar
4. Mengikuti perkembangan informasi
5. Memiliki pergaulan luas
6. Mempelajari aplikasi komputer

Hal yang diperhatikan dunia kerja dalam menjaring
 pekerjanya :

1. Indek prestasi komulatif
2. Kemampuan bahasa Inggris
3. Kesesuaian program studi dengan posisi kerja
4. Nama besar Perguruan Tinggi
5. Pengalaman krerja/magang
6. Kemapuan aplikasi komputer
7. Pengalaman organisasi
8. Rekomendasi

sumber : Majalah mingguan Tempo, 20 Mei 2007

Narrated Um Kulthum bint Uqba:
“He who makes peace between the people by inventing good information or saying good things, is not a liar.” (Shahih Bukhari)
Sirod’s Friendster:
http://www.friendster.com/s1rod
Sirod’s Blog: http://sirod.blogspot.com/



Luggage? GPS? Comic books?
Check out fitting gifts for grads at Yahoo! Search.


Responses

  1. sepuluh peringkat kampus yang kayanya kalo dibaca bisa menambah nilai plus buat alumni universitas tersebut. sedikit cur-hat saya, teman kerja saya yang latar belakang pendidikannya (jebolan, alumni, atau semacam itulah…) masuk kedalam kategori 10 peringkat kampus di indonesia ternyata tidak mampu menggunakan komputer (microsoft office terutama excel… hari gini gak bisa make komputer??? 10×10= ccceee..e.ee…p.p.p.p…..eeeee…. ddee..h.h.h….) bahasa inggerisnya (kacau balau….), tidak mampu berorganisasi alias orangnya tidak terbuka alias tertutup (nota yang harusnya ditagihkan ke mitra belum ‘lu tuntasin men.. sampe sekarang belum di tagih…kasian kantor kita, seandainya ditagih tau masih buka apa udah tutup tuh kantor… enak lu sekarang udah di unit laen dan lu bisa pindah karena punya koneksi jaksa didaerah) tidak memiliki inovasi dalam bekerja begitu ada dalam situasi tertentu yang membutuhkan jalan keluar.
    intinya, belajar diperguruan tinggi yang katanya masuk dalam urutan 10 besar universitas di indonesia belum tentu menjamin skill seseorang baik dan siap kerja tetapi membuka pikiran dan menambah wawasan itu penting…
    sekian dulu dan terimakasih untuk yang sudah membaca curhat saya, wassalamm,-

  2. ohh.. iya sedikit tambahan
    kalo gak salah saya pernah baca di sebuah surat kabar terkemuka di tanah air, daftar 10 peringkat perguruan tingggi di indonesia itu jika go international alias ikutan gabung atau masuk kedalam daftar perguruan tinggi diseluruh dunia ternyata masih diurutan ke 51 dan seterusnya………………
    wassalam,-

  3. Ma’af ngikut dikit neh….
    FAKTA MENUNJUKKAN…!!!!Masih ada ratusan alumni dari masing P-T yang disebutkan diatas yang sampe skrang masih kelabakan bin mandir-mondar-mandir cari kerjaan.
    Kok bisa ya.a.a.aa.???kan K-U-L-I-A-H-nya di P-T yang TOP bin KEREN alias CAKEP.
    Cape.e.e..e.e.e. DEhhhhhhhh….?
    makacih………

  4. TIDAK selalu 10 besar tersebut adalah yang terbaik
    Semua berpulang kepada INDIVIDU itu sendiri. Welcome to INDONESIA yang penuh dengan KKN dan kawan2nya, bagaimana mau maju kita kalo dari kitanya sendiri mengkotak2an..??? dari kita sendiri maunya enak tapi tanpa kerja …?? coba liat kemajuan jakarta sekarang, kemajuan indonesia sekarang? coba dimana kemajuannya?

  5. mungkin secara umum seperti itu,
    baik diakui atau tidak…
    mereka mempunyai alumni yang tersebar di berbagai tempat,
    baik DN & LN,
    tetapi semuanya kembali kepada setiap individu-nya
    masing-masing.

  6. ingin liat pameran, liat harga terbaru nggak usah jauh-jauh
    kunjungi http://www.komputermalang.com

  7. Yang jelas kan track record universitasnya jelas …
    Kalo mengomentari ada yang gak bisa ini lah, itu lah, masih menganggurlah, ya wajar …

    Seperti filosofi ayam bertelur, tentu tak semua telurnya menetas menjadi anak ayam kan? Selalu ada yang busuk …
    Tapi berapa sih, telur yang busuk itu? Ratusan orang masih menganggur, anda bilang? Dari berapa ratus ribu lulusan yang berhasil menemukan jalur pekerjaan yang ditekuni hingga kini?

    Anda tau yang saya ungkapkan benar. Jadi, tak perlu iri lah. OK?

  8. Banyak yg iri ya? Apa dulu pas spmb gak lulus? Cucian deh lo….

  9. mmhh… iya..
    kalo mau dibalik.. banyak juga toh jebolan universitas diluar TOP TEN itu yang parah2?? Cuma masalahnya kalo jebolan non-TOP 10 gak bisa kerja jawabannya selalu “wajar kalo jelek”, jadi gak keliatan? nah,gitu juga sebaliknya.. bukan begitu??
    mmhh… lagian mana ada siy yang mau kulih di tempat ‘abal2’kalo bisa masuk UI?

  10. benerrrrr….juga tuh….
    yapi biar gimana pun,kita gak boleh ngeremehin PTN nyang laeen..
    kan demi pendidikan negara kiita juga,kalo bisa kita ikut mendukung majunya pendidikan di negara kita tercinta ini….
    tapi kita tetap mencari yang terrrrbaik,,,ya gak????

  11. Kalau menurut aku juga iya sich…, tergantung apda orang nya niat g skulnya…,
    Kalau cuma mau di bilang, wah dia sekolahnya di kampus keren je….
    Tapi bukankah kita menjadi orang munafikkkk
    Tapi aku saranin pada sobat2 ku, dimana kalian mw skul tetep semangat ja, jgn liat universitasnya, tapi niatkan hati untuk mencari ilmu Alloh dengan sepenuh jiwa, Karena menurut aku, ILMU ADALAH CAHAYA ALLOH Yang sangat aku rindukan keberadaannya…..
    Tapi sebenarnya aku jg pingin sich masuk salah satu kampus itu,,,,
    Tapi Aku percaya Alloh pasti akan memberi yang terbaik untukku!!!!1

  12. ada enggak ya 10 universitas terbaik yng bikin orang jadi pengusaha.bukan jadi jongos


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: