Posted by: MSirod | 25 June 2009

Perlukah Kita Ganyang Blog Malaysia?

2009 | Wicaksono | Blog

Malaysia tak hanya memprovokasi Indonesia di perairan sekitar Ambalat. Di ranah blog, provokasi dari negeri jiran itu juga bertebaran. Salah satunya diungkapkan oleh seorang yang mengaku sebagai pendukung Malaysia yang katanya pernah berkunjung ke Indonesia. Blog tersebut, menurut sang pemilik yang mengaku masih 18 tahun, dibuat sebagai tandingan blog-blog Indonesia yang menghujat Malaysia. Blog anti-Indonesia itu mendapat pasokan “bahan bakar” dari isu tentang Ambalat dan berita seputar Manohara Pinot.

“Alamat blognya di mana, Mas? Saya mau ganyang dia,” kata Mat Bloger berapi-api.

“Halah, kemlinthi. Memangnya sampean itu siapa, Mat? Polisi? Preman? Anggota laskar atau front pembela ini dan itu? Saya justru sengaja tak mau memberi tahu alamat blog itu supaya sampean tak ikut-ikutan menyerang blog itu. Bukannya berhenti, nanti blog itu malah populer, dan tujuannya menarik perhatian tercapai kalau kita bereaksi.”

“Lo, nggak bisa begitu dong, Mas. Ini soal nasionalisme dan patriotisme. Harga diri. Kalau ada orang asing yang menjelek-jelekkan Indonesia, kita harus membela. Bila perlu, kita balas menyerang mereka.”

“Ho-ho-ho… keren. Tapi menurut saya nggak usah sampai segitunya, Mat. Narablog (blogger) itu mestinya bukan orang yang bersumbu pendek. Tak perlulah kita terpancing dan menanggapi provokasi semacam itu. Lagi pula kemunculan sejumlah narablog pendukung Malaysia itu hanyalah semacam gelombang aksi balasan setelah banyak narablog Indonesia yang membuat blog kecaman terhadap negeri jiran tersebut.

Sampean tentunya masih ingat Mat, ketika dua tahun lalu meletus perang antarblog Indonesia dan Malaysia. Api peperangan dipicu oleh klaim Malaysia atas lagu Rasa Sayange, batik, dan sebagainya. Narablog Indonesia lalu membuat posting di blog, lengkap dengan banner, yang meledek negeri jiran itu sebagai maling. Aksi ini dibalas oleh blog yang membuat tulisan parodi dengan judul Pancagila Negara Indon.”

“Oh iya, Mas. Waktu itu saya sempat ikut-ikutan menyebarkan banner bertulisan ‘Malingsia’ ke mana-mana, ha-ha-ha…,” kata Mat Bloger.

“Oalah, dasar sampean anak nakal. Ya sudah, nggak usah diulangi. Perang kata di blog sih boleh-boleh saja, Mat. Selain lebih sehat, baku serang lewat tulisan itu tak menelan korban jiwa. Tapi apakah sampean tak jadi lelah sendiri? Adakah faedahnya?

Menurut saya sih, tak ada. Buat saya, blog-blog semacam itu tak lebih dari selingan di antara pekerjaan sehari-hari yang menguras tenaga dan pikiran. Sebuah lelucon belaka. Saya tak menganggapnya sebagai sesuatu yang serius, misalnya kampanye hitam bagi Indonesia, melainkan hanya sekadar buah karya orang iseng.

Di ranah Internet semua orang bisa melakukan apa saja, termasuk berbuat usil. Selalu ada saja narablog yang memancing di air keruh untuk mempopulerkan blognya. Bahkan dalam setiap kejadian yang kontroversial, selalu ada orang yang mengambil posisi berlawanan arus demi mengejar statistik, menaikkan jumlah kunjungan dan komentar yang berderetan.

Terlalu berlebihan kalau kita buang-buang waktu, tenaga, juga pikiran untuk menanggapi atau bereaksi keras terhadap blog itu. Anggap saja pemilik blog itu seperti petasan kecil yang meletup di malam Lebaran. Masih banyak urusan yang lebih penting dan mendesak ketimbang memperhatikan blog kontroversial itu. Seperti halnya blog-blog sejenis yang pernah muncul, blog yang menjengkelkan itu pasti bakal segera dilupakan orang. Oke?”

“Siap, Mas!”

“Lanjutkan!”

“Wooo … malah sampean malah ikut-ikutan kampanye. Semprul!”

“Ha-ha-ha ….”


Responses

  1. Setuju…. Tu cuman pengen menyulut api emosi kita aza. Kalo kita ngeladenin, ya mereka seneng. Iya toh… lagian kan ga smua org ky mreka.

    Positif tinking itu wajib. bener ga bos?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: