Posted by: MSirod | 12 August 2009

Berbagai Kegunaan Senam Kegel

Kegel adalah nama dari latihan untuk menguatkan otot dasar panggul, dinamakan sesuai dengan penemunya yaitu seorang dokter kebidanan dan kandungan bernama dr. Kegel pada tahun 1948. Inti dari latihan ini adalah mengkontraksikan otot panggul dan mencegah kelemahan dari otot ini.

Oleh : dr. Tri Rejeki Herdiana

Kegel adalah nama dari latihan untuk menguatkan otot dasar panggul, dinamakan sesuai dengan penemunya yaitu seorang dokter kebidanan dan kandungan bernama dr. Kegel pada tahun 1948. Inti dari latihan ini adalah mengkontraksikan otot panggul dan mencegah kelemahan dari otot ini. Selama kehamilan dan melahirkan, otot panggul dapat menjadi teregang dan melemah, yang mengakibatkan gangguan mengontrol BAK berbulan-bulan atau tahunan setelah melahirkan. Selain itu, wanita lanjut usia dan memiliki berat badan berlebih juga dapat mengalami kelemahan otot panggul. Pada pria, operasi prostat dapat melemahkan otot panggul.

Gambar 1. Otot Dasar Panggul


Kegunaan Senam Kegel

  1. Latihan kegel dapat menguatkan otot-otot yang mengontrol alur dari urin (air seni). Pada umumnya disarankan bagi pria atau wanita yang memiliki masalah inkontinensia urin (tidak mampu menahan BAK) Untuk
  2. wanita dapat mencegah prolaps uteri (turunnya rahim)
  3. Pada pria kegel berguna untuk mengatasi urge incontinence yaitu keinginan berkemih yang sangat kuat sehingga tidak dapat mencapai toilet tepat pada waktunya
  4. Pria juga dapat meningkatkan kemampuan mengontrol dan mengatasi ejakulasi dini serta ereksi lebih lama
  5. Senam kegel teratur dapat mengencangkan otot-otot vagina sehingga cengkraman vagina pada penis saat bersenggama bertambah kuat mengakibatkan kepekaan rangsang vagina bertambah

Cara melakukan senam Kegel

  • Senam kegel sangat mudah dilakukan dimana saja dan tanpa seorang pun tahu
  • Langkah pertama, posisi duduk atau berbaring, cobalah untuk mengkontraksikan otot panggul dengan cara yang sama ketika kita menahan kencing. Anda harus dapat merasakan otot panggul anda meremas uretra dan anus. Apabila otot perut atau bokong juga mengeras maka anda tidak berlatih dengan otot yang benar
  • Ketika anda sudah menemukan cara yang tepat untuk mengkontraksikan otot panggul maka lakukan kontraksi selama 10 detik, kemudian istirahat selama 10 detik
  • Lakukan latihan ini berulang-ulang sampai 10-15 kali per sesi. Sebaiknya latihan ini dilakukan 3 kali sehari
  • Latihan kegel hanya efektif bila dilakukan secara teratur dan baru terlihat hasilnya 8-12 minggu latihan teratur


Saran untuk menjaga otot panggul tetap kencang

  • Bila anda memiliki kelebihan berat badan, cobalah untuk menurunkannya dengan berdiet dan berolahraga. Masalah pada otot panggul lebih sering terjadi pada wanita overwight
  • Hindari merokok
  • Angkatlah benda berat dengan hati-hati, gunakan lengan untuk mengangkat beban, bukan punggung untuk menghindari terluka
  • Lakukan olahraga aerobik low impact (jalan) karena trauma akibat gerakan berulang dapat mengakibatkan kerusakan pada saraf panggul dan otot
  • Hindari konstipasi (sulit BAB). Mengedan dapat mengakibatkan kerusakan pada otot dan saraf. Konsumsi makanan tinggi serat dan minum minimal 8-10 gelas per hari [](TRH)


sumber : klinikdokter


Responses

  1. coba saya sosialisasikan sama isrti ah…. biar cengkraman itunya lebih wah…

  2. heheh.. silahkan pak

  3. boleh di coba nih.., coba ya mas..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: